Kejuaraan dunia 125cc
Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.
Márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009, dia adalah pembalap pabrikan KTM dan di GP Perancis 2009, dia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi dia terkena musibah pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang, yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya.Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010. Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010 , GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menjadikan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.
Empat kemenangan berturut-turut dari GP Jepang 2010 sampai GP Portugal 2010 telah menempatkan Márquez memimpin dengan 17 poin diatas Nicolas Terol dengan hanya satu seri yang tersisa. Di GP Portugal 2010 , bendera merah berkibar di balapan karena hujan,sebelum bendera berkibar Márquez berada diposisi kedua dibawah Terol. Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Márquez terjatuh pada lap pemanasan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez memulai start di belakang setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum lima menit menjelang start. Meskipun demikian, Márquez berusaha bangkit sejak start dan berhasil memenangkan perlombaan. Dengan demikian márquez memperpanjang keunggulannya sebelum seri terakhir di Valencia. Kemenangan kesepuluhnya pada musim 2010 membuatnya menyamai rekor yang dibuat oleh Valentino Rossi pada tahun 1997.[3] Marquez berada pada posisi keempat di balapan terakhir GP Valencia 2010 dan menjadikannya juara dunia termuda kedua setelah Loris Capirossi.
Kejuaraan dunia kelas Moto2
Márquez pindah ke kelas Moto2 pada tahun 2011 sebagai pembalap tunggal dari tim baru Monlau Competición, yang dikelola oleh manager pribadinya sendiri Emilio Alzamora.Statistik
Musim ke musim
Musim | Kelas | Motor | Tim | Balapan | Menang | Podium | Pole | FLap | Poin | Posisi |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2008 | 125cc | KTM | Repsol KTM 125cc | 13 | 0 | 1 | 0 | 0 | 63 | 13th |
2009 | 125cc | KTM | Red Bull KTM Motosport | 16 | 0 | 1 | 2 | 1 | 94 | 8th |
2010 | 125cc | Derbi | Red Bull Ajo Motorsport | 17 | 10 | 12 | 12 | 8 | 310 | 1st |
2011 | Moto2 | Suter | Team CatalunyaCaixa Repsol | 15 | 7 | 11 | 7 | 2 | 251 | 2nd |
2012 | Moto2 | Suter | Team CatalunyaCaixa Repsol | 9 | 4 | 7 | 6 | 2 | 163* | 1st* |
- * Musim berlansung.
Kelas ke kelas
Kelas | Musim | Balapan ke-1 | Podium ke-1 | Menang ke-1 | Balapan | Menang | Podium | Pole | FLap | Poin | Juara |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
125 cc | 2008–2010 | 2008 Portugal | 2008 Inggris | 2010 Italia | 46 | 10 | 14 | 14 | 9 | 467 | 1 |
Moto2 | 2011– | 2011 Qatar | 2011 Perancis | 2011 Perancis | 24 | 11 | 18 | 13 | 4 | 414 | 0 |
Balapan dari Tahun ke tahun
(Balapan dengan tulisan bold menunjukkan pole position, Balapan dengan tulisan italics menunjukkan fastest lap)Tahun | Kelas | Motor | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | Posisi Akhir | Poin |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2008 | 125cc | KTM | QAT | SPA DNS |
POR 18 |
CHN 12 |
FRA Ret |
ITA 19 |
CAT 10 |
GBR 3 |
NED Ret |
GER 10 |
CZE Ret |
RSM 4 |
IND 6 |
JPN Ret |
AUS 9 |
MAL | VAL | 13th | 63 |
2009 | 125cc | KTM | QAT Ret |
JPN 5 |
SPA 3 |
FRA Ret |
ITA 5 |
CAT 5 |
NED 10 |
GER 16 |
GBR 15 |
CZE 8 |
IND 6 |
RSM 4 |
POR Ret |
AUS 9 |
MAL Ret |
VAL 17 |
8th | 94 | |
2010 | 125cc | Derbi | QAT 3 |
SPA Ret |
FRA 3 |
ITA 1 |
GBR 1 |
NED 1 |
CAT 1 |
GER 1 |
CZE 7 |
IND 10 |
RSM 1 |
ARA Ret |
JPN 1 |
MAL 1 |
AUS 1 |
POR 1 |
VAL 4 |
1st | 310 |
2011 | Moto2 | Suter | QAT Ret |
SPA Ret |
POR 21 |
FRA 1 |
CAT 2 |
GBR Ret |
NED 1 |
ITA 1 |
GER 1 |
CZE 2 |
IND 1 |
RSM 1 |
ARA 1 |
JPN 2 |
AUS 3 |
MAL DNS |
VAL DNS |
2nd | 251 |
2012 | Moto2 | Suter | QAT 1 |
SPA 2 |
POR 1 |
FRA Ret |
CAT 3 |
GBR 3 |
NED 1 |
GER 1 |
ITA 5 |
IND | CZE | RSM | ARA | JPN | MAL | AUS | VAL 1 |
1st* | 163* |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar